Belajar Mengajar pada Dosen Lain (2)

Setelah sebelumnya saya melakukan kegiatan pada postingan yang ini, baru-baru ini saya sedang mencoba mengikuti online course melalui situs Coursera. Saya mengikuti kelas dengan topik Influencing People dari University of Michigan. Tujuannya, saya ingin meningkatkan kemampuan mempengaruhi mahasiswa dalam hal positif.

Pada minggu pertama, materi kuliah diajarkan oleh Scott DeRue mengenai Building Your Base of Power. Namun, selain materi tersebut, saya juga mempelajari bagaimana De Rue dan University of Michigan merancang kelas dan penyampaiannya.

Ketika saya mengambil kuliah ini, otomatis saya di-redirect ke link University of Michigan. Melalui link ini, University of Michigan melakukan demografi survey terhadap saya sebagai mahasiswa. Survey dilakukan terkait umur, pekerjaan, lokasi, ras, dan latar belakang. Selain itu, saya juga ditanyakan alasan mengambil kelas ini dan berapa jam yang akan saya alokasikan untuk kelas ini. Menurut saya, data-data ini sangat bermanfaat bagi University of Michigan untuk memetakan siswa yang mengambil course mereka. Sehingga, data-data ini bisa digunakan untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap kurikulum dan materi yang akan disajikan. Saya jadi teringat konsep yang sama ketika seseorang akan mengambil kelas di Harvard School of Bussiness. Ketika latar belakangnya dari industri Telco, maka case study, tugas, dan ujian yang diberikan akan seputaran bisnis Telco. Begitupula untuk latar belakang yang lainnya seperti perminyakan, militer, ataupun entrepreneurship.

Kelas online course hanya berupa video yang memperlihatkan DeRue sedang bercerita tentang materi. Dari beberapa video tersebut, saya mempelajari konsep-konsep yang saya rasa bisa diterapkan pada kelas saya. Konsep-konsep tersebut diantaranya:

  • Sebuah pembukaan materi dengan mengajak mahasiswa membayangkan posisi dirinya  yang terkait dengan materi. Dalam video ini, mahasiswa diajak menjadi dirinya sendiri dalam sebuah organisasi dan bagaimana sebuah influence didalamnya.
  • Pada pembukaan pula dijelaskan materi-materi yang akan diajarkan dalam setiap minggunya.
  • Kemudian, mahasiswa diajak untuk melihat beberapa gambar yang cukup familiar seperti Barack Obama, Pope Francis, dan Bill Gates. Hal ini untuk membuat mahasiswa menjadi dekat dengan topik yang akan diajarkan.
  • Pada akhirnya, mahasiswa digerakkan untuk memberikan contoh dari sisi mereka dalam sebuah discussion group dan diminta untuk saling berkomentar satu sama lain. Hal ini tentu membuat hubungan antar mahasiswa menjadi kuat dan kemampuan nalar dan berpendapat menjadi terasah.
  • Pada akhir materi untuk minggu tersebut, ada recap yang merangkum materi yang diajarkan.
  • Mahasiswa juga diminta untuk mengikuti Quiz yang bisa diambil sebanyak maksimal 3 kali. Hal ini agar mahasiswa paham dan bisa meningkatkan nilainya.

So, semoga tulisan ini dan ilmu didalamnya bermanfaat. Psst… sepertinya semester depan saya juga akan buat video course seperti coursera ini juga untuk Politeknik Caltex Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *