Semester Kesatu (Part 3): 10.000 Jam Pertama

Dalam bukunya yang berjudul The Outliers, Malcolm Gladwell menceritakan fakta menarik tentang orang-orang hebat yang menjadi ahli dibidangnya. Fakta menariknya mengenai 10.000 jam yang digunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan seseorang agar bisa ahli dalam bidang yang ditekuninya. Di dalam buku ini, sejarah dan cerita dari The Beatles, Bill Gates, dan Mozart dipaparkan ulang untuk menghitung waktu yang mereka butuhkan agar menjadi ahli dibidangnya. Hasilnya, angka 10.000 jam muncul.

Pertanyaannya, jika digunakan teori yang sama, berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang dosen agar menjadi ahli dalam mengajar?

Mari berhitung. Dengan asumsi dosen mendapat beban minimal 12 sks normal per minggu, maka setiap minggunya dosen menghabiskan waktu 12 jam untuk mengajar di depan kelas. Jika dalam 1 semester terdiri dari 15 minggu efektif, maka dalam 1 semester, dosen menjalani 180 jam tatap muka. Sehingga dalam setahun yang terdiri dari 2 semester, dosen telah mencapai 360 jam-nya.

Berdasarkan hitungan ini, waktu yang dibutuhkan seorang dosen untuk mencapai 10.000 jam pertamanya adalah 27 tahun. Dengan kata lain, seorang dosen bisa menjadi ahli dalam mengajar, jika telah melewati 27 tahun waktu pengabdian.

Tentunya, angka 27 tahun ini dengan asumsi sks minimal dan normal untuk kelas teori saja. Jika seorang dosen banyak mendapat kelas praktikum yang jam-nya lebih lama, maka angka 27 tahun akan mengecil. Apalagi jika dosen juga mengajar sebagai dosen luar biasa dibanyak perguruan tinggi. Tentunya angka ini bisa lebih kecil lagi.

Pertanyaan berikutnya, berapa umur dosen ketika ia telah mencapai 10.000 jam pertamanya?

Pendidikan formal di Indonesia dimulai pada umur 7 tahun. Kemudian, diperlukan 12 tahun untuk pendidikan dasar, menengah, dan atas. Idealnya, diperlukan 4 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana dan dilanjutkan dengan 2 tahun gelar master sebagai syarat menjadi dosen. Artinya, diusia 25 tahun, seseorang bisa memulai karir sebagai dosen. Berdasarkan angka 27 tahun dari perhitungan sebelumnya maka 10.000 jam pertama akan dicapai pada saat dosen berusia 52 tahun.

 

Pertanyaan yang belum bisa penulis jawab dan jabarkan, seperti apa perjalanan menuju 10.000 jam pertama ini?

Jadi, bagi pembaca yang berprofesi sebagai dosen, penulis mengharapkan sharing ceritanya dibagian comment tentang jam-jam yang telah dilewati untuk menuju 10.000 jam pertamanya.

Semoga sharing-nya juga bermanfaat bagi pembaca lain pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *