Software untuk Pengecekan Kemiripan Isi File Dokumen

Softfile tugas/laporan praktikum mahasiswa copy-paste? No more worries.

Semester ini penulis mengampu berapa mata kuliah praktikum. Pada salah satu mata kuliah praktikum, sesuai kesepakatan kontrak belajar, laporan praktikum dikumpulkan dalam bentuk softfile yang dikirim melalui E-mail. Laporan praktikum seperti ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian kertas (paperless) dan meringankan beban biaya mahasiswa ketika nge-print laporan.

Namun, tujuan yang baik ini tidak selalu berjalan baik pula.

Dengan pendekatan paperless dan digital, ternyata beberapa oknum memanfaatkan kemudahan copy-paste. Laporan teman diduplikasi. Untuk menghaluskan hasil akhirnya, biasanya cover laporan dirubah, font dan size diganti, dan konten laporan dibolak-balik.

Kejadian ini sudah coba penulis antisipasi diawal pertemuan dengan memberitahukan jika didapat kejadian seperti ini maka nilai laporan akan dibagi sebanyak copy-an yang ditemukan. Tujuannya untuk membuat oknum agar berpikir dua kali untuk melakukan copy-paste. Selain itu, pihak yang di copy-pun idealnya akan menolak sebab jerih payahnya membuat laporan tidak mendapat nilai sebagai mana mestinya.

Akan tetapi, kejadian di lapangan tetap tidak ideal. Oknum yang melakukan copy-paste merasa kepepet sedangkan pihak yang di copy-pun merelakan. Alasannya, kasihan atau terintimidasi dicap tidak solider.

Pada awalnya, penulis melakukan pengecekan kemiripan dokumen secara manual untuk semua softfile laporan yang masuk ke E-mail. Ternyata, capek juga dan memakan waktu.

Muncullah ide mencari software yang bisa mendeteksi kemiripan file. Setelah browse kesana-kemari, akhirnya ditemukan software bernama WCopyfind. Gratis-Ringan-Mudah digunakan. Lengkap sudah. Tampilannya sebagai berikut:

WCopyfind-2.2

Sederhananya, software ini melakukan proses perulangan/iterasi pencocokan untuk setiap file yang ingin dibandingkan. Dengan software ini, pengguna bisa membandingkan 1 file master terhadap beberapa file lain atau saling membandingkan antar file.

Jika menggunakan 1 file master, file ini diletakkan pada bagian Old Document Files. Kemudian, file lain yang akan dibandingkan diletakkan pada New Document Files. Untuk membandingkan antar file, maka semua file diletakkan pada New Document Files saja.

Setelah itu, klik tombol run dan software akan berjalan sendiri membandingkan file yang pengguna inputkan. Hasilnya akan keluar berupa tingkat kemiripan yang dalam bentuk tabel di browser pengguna. Simpel dan sederhana.

hqdefault

Ketika di klik link side-by-side maka akan tampil seperti gambar berikut ini:

Screen_wcoppyfind

Bagian yang berwarna merah, merupakan bagian yang sama dari dua dokumen yang dibandingkan.

Pada program ini, juga bisa diatur berapa persen kemiripan yang boleh diabaikan, berapa urutan kata yang sama yang dideteksi, dan fungsi lain yang penulis pun belum sempat pelajari lebih jauh. Termasuk kemiripan gambar dan pengecualian-pengecualian.

Sejauh ini, penulis menetapkan kemiripan diatas 50% sebagai masalah. Sebab, dalam laporan yang dibuat mahasiswa ada bagian dasar teori dan coding yang cenderung sama dan menurut penulis boleh ditoleransi. Selain itu, untuk level kemiripan 60%-70% tetap penulis cek file aslinya untuk memastikan apa benar copy-paste atau tidak. Khususnya dibagian analisa percobaan.

Penggunaan software dan sistem pendeteksian ini juga penulis informasikan ke mahasiswa. Sehingga kedua belah pihak tau aturan mainnya.

 

Respon mahasiswa: “Siapalah yang bikin software kayak gini?”

Penulis senyum saja.

 

“Dik, saya cuma pengen kamu belajar menghargai usaha mu sendiri dan jangan kebawa malas. Mudah-mudahan kamu paham.”

 

Jika pembaca memiliki pengalaman yang sama dan informasi penggunaan software yang mirip, boleh dong di-share dibagian comment.

 

Semoga bermanfaat.

Software untuk Pengecekan Kemiripan Isi File Dokumen